Rabu, 21 Mei 2008

DRIL BORGOL POLRI

Dril borgol polri dibagi menjadi beberapa bagian : 1.Dril borgol polri

2.Borgol sebagai alat pemukul

3.Borgol sebagai alat penangkis
ketiga bagian ini dapat dilaksanakan secara sambung menyambung atau dilaksanakan secara terpisah.

Sebelum melaksanakan gerakan sebaiknya mengenal dahulu mengenai kuda-kuda atau posisi dalam melaksanakan gerakan,kuda-kuda yang dipergunakan sama seperti kuda-kuda dalam latihan beladiri,karena gerakan-gerakan dalam Dril ini adalah sebagai usaha untuk membeladiri dari dalam melaksanakan tugas.

DRIL BORGOL POLRI

Dril borgol polri ada 10 ( sepuluh ) gerakan
gerakan pertama : posisi sikap sempurna,begitu ada aba-aba borgol ditangan,tangan kanan memegang borgol sementara tangan kiri diatas tangan kanan pandangan kearah borgol,aba-aba siap langsung gerakan pertama,kaki kiri maju kuda-kuda rendah depan tangan kiri posisi menangkap tangan tangan lawan yang mengarah kekepala dari arah depan,tangan kanan yang memegang borgol posisi memborgol tangan yang ditangkap tangan kiri.

gerakan kedua : posisi gerakan pertama,kuda-kuda maju setengah langkah,gerakan sama dengan gerakan pertama.

gerakan ketiga : dari posisi gerakan kedua,hadap kiri ,posisi gerakan dan kuda-kuda sama dengan gerakan pertama.

gerakan keempat : posisi gerakan ketiga ,kuda-kuda maju setengah langkah.

gerakan kelima : dari posisi gerakan keempat,balik kiri,posisi gerakan dan kuda-kuda sama dengan gerakan pertama.

gerakan keenam : posisi gerakan kelima,kuda-kuda maju setengah langkah ,posisi gerakan dan kuda-kuda sama dengan gerakan pertama.

gerakan ketujuh : dari posisi gerakan keenam balik kanan,posisi gerakan dan kuda-kuda sama dengan gerakan pertama.

gerakan kedelapan : posisi gerakan ketujuh,kuda-kuda maju setengah langkah,posisi gerakan dan kuda-kuda sama dengan gerakan pertama.

gerakan kesembilan : dari posisi gerakan kedelapan hadap kiri,tangan kiri menangkap tangan lawan yang menyerang kearah bawah,tangan kanan memborgol tangan lawan yang ditangkap oleh tangan kiri.

gerakan kesepuluh : dari posisi gerakan kesembilan,kuda-kuda maju setengah langkah,posisi gerakan dan kuda-kuda sama dengan gerakan kesembilan,selesai,aba-aba selesai ,posis sikap sempurna borgol masih dipegang oleh tangan kanan,aba-aba sarungkan borgol,borgol dimasukan kedalam tempatnya tangan kanan masih memegang tempat borgol tangan kiri diatas tangan kanan,pandangan mata kearah borgol,aba-aba grak,posisi sikap sempurna.

1 komentar:

beladirikita mengatakan...

artikel ttg dril borgol kalo bisa dilengkapi foto agar lebih jelas maksud tekniknya